Fakta Unik Cincin Pernikahan

Seperti diketahui oleh banyak orang cincin pernikahan adalah simbol atau penanda ikatan pernikahan . Tapi dibalik itu ada fakta unik tentang cincin pernikahan yang belum diketahui oleh banyak orang. Berikut ini fakta unik tentang cincin pernikahan.




Cincin Pernikahan Harus Disematkan di Jari Tertentu
Di beberapa negara seperti Inggris, Amerika, Perancis, dan Kanada, cincin pernikahan hanya boleh disematkan di jari manis tangan kiri. Masyarakat di empat negara tersebut percaya bahwa di jari manis tangan kiri laki-laki dan perempuan terdapat syaraf yang berhubungan langsung dengan hati. Dengan begitu, selamanya hati si pemilik jari akan dimiliki oleh yang menyematkan cincin ke jari manis tangan kirinya.
Hal sebaliknya justru berlaku di India, Norwegia, dan Jerman. Bagi masyarakat di tiga negara ini, cincin pernikahan haruslah disematkan di jari manis tangan kanan.

 Cincin Sebagai Pengikat Pasangan
Upacara pertunangan dan pernikahan mulai populer sejak masa perang dunia kedua. Sejak bertunangan, para pria wajib mengenakan cincin tersebut setiap hari. Keharusan ini berlaku sejak pria diwajibkan pergi ke medan perang. Cincin yang disematkan para pria ke jari perempuannya merupakan penanda bahwa mereka berkomitmen menikah setelah pulang dari medan perang nanti.

Fungsi Awal Cincin Pernikahan Bukan Sekadar Pengikat Pasangan
Jika kini kita lebih memaknai cincin pernikahan dan cincin pertunangan sebagai simbol ikatan suci pernikahan ataupun tunangan, ternyata dahulu berbeda lho, Dear. Dulu, di awal keberadaannya, cincin bukan dimaksudkan sebagai simbol ikatan suci melainkan simbol kemapanan serta status sosial mempelai pria.

Cincin Tak harus Selalu Disematkan di Jari Tangan
Jika umumnya pada prosesi pernikahan mempelai pria akan menyematkan cincin ke jari manis tangan kanan ataupun kiri mempelai wanitanya, maka hal ini tak akan kita temui dalam pernikahan dengan tradisi Hindu. Dalam tradisi pernikahan umat Hindu, mempelai pria tak akan menyematkan cincin ke jari tangan mempelai perempuan, tetapi ke jari kaki.

Tradisi Bertukar Cincin di Pernikahan Perak
Di Rumania, pasangan suami istri akan kembali bertukar cincin di usia pernikahannya yang ke-25. Pertukaran cincin ini dimaksudkan untuk mengenang kembali masa-masa indah bersatunya mereka dalam ikatan suci pernikahan 25 tahun lalu. Pada prosesi pertukaran cincin itu, suami-istri akan bertukar cincin kembali, tapi dengan cincin berbahan perak.


Previous
Next Post »