Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Ada beberapa cara untuk menjaga keharmonisan rumah tangga yang harus Anda ketahui adalah sebagai berikut:

Berusaha sama-sama mengetahui dan mengerti 
Ketidaksamaan lingkungan dan keadaan tempat suami atau istri tumbuh sangatlah punya pengaruh dalam pembentukan jenis selera, tingkah laku, dan sikap yang berbeda pada tiap-tiap pihak dari yang lain. Hal semacam itu adalah keharusan tiap-tiap pasutri untuk mengerti situasi ini dan berupaya tahu serta mengetahui pihak lain sebagai pasangan hidupnya. Mereka juga mesti tahu segalanya yang terkait dengan kondisi kehidupan yang mempengaruhi, hingga bisa maju ke depan dan wujudkan keselarasan. 

Perasaan timbal-balik 
Suami dan istri yaitu partner dalam satu kehidupan yang direkatkan dalam tali pernikahan ; satu ikatan suci yang mempertemukan keduanya. Tidak pelak lagi, keduanya mesti sharing suka-duka ; membagi rasa sedih dan keceriaan berbarengan. Keduanya sama-sama berkelindan untuk menyambut satu harapan mulia yakni wujudkan tatanan kehidupan berdasar pada ketentuan Allah dan Rasul-Nya. Untuk memupuk kasih sayang di masing-masing pihak, suami memerlukan cinta istri, dan istri juga memerlukan cinta suami. 

Tiap-tiap pihak mesti hormat 
Saat suami atau istri masuk tempat tinggalnya, jadi dia layak memperoleh penghormatan dan animo dari pasangannya. Hal semacam itu mempunyai tujuan untuk melindungi harkat dan mengangkat prestise pasutri, hingga semasing merasa nyaman untuk bangun rumah tangga serasi. Dalam soal ini, telah jadi keharusan pasutri untuk mencari poin-poin positif yang dipunyai semasing untuk dipakai sebagai penopang sikap sama-sama menghormati. 

Berupaya mengasyikkan pasangannya 
Dalam kehidupan keluarga, bahkan juga dalam kehidupan sosial dengan cara general, bila seorang berupaya memprioritaskan dan memprioritaskan orang lain dari dianya, jadi bermakna dia sudah menanam benih-benih cinta dan kedekatan pada kebanyakan orang di sekitarnya. 

Menangani masalah bersama 
Pernikahan adalah bentuk rekanan partnership dan partisipasi. Partnership yang berdiri diatas landasan kesamaan maksud, harapan, sikap, intuisi dan perasaan, dan kerjasama dan solidaritas dalam memecahkan tiap-tiap masalah. Tiap-tiap permasalahan yang muncul dalam kehidupan suami-istri, jadi permasalahan itu dipandang sebagai satu kekhawatiran kolektif. 

Sikap qana’ah 
Diantara sinyal keselarasan cinta pasutri yaitu sikap merasa senang dengan yang ada (qana’ah) ; merasa senang dengan prasarana hidup yang ada. Lanjutan sikap manja, kebiasan hidup serba ada, boros dan berfoya-foya pada saat kecil atau remaja termasuk juga salah satu aspek yang menyebabkan pertikaian pasutri. Sikap sekian berlawanan dengan kedewasaan yang menuntut pandangan realistis perihal kehidupan. Beberapa hal picisan dan glamor yang digembar-gemborkan media publikasi sejatinya akan tidak membuat kebahagiaan. Lantaran kebahagiaan sejati memancar dari hati dan jiwa terdalam, bukanlah bertolak dari aspek-aspek materi yang malah menyebabkan kesenjangan dan perseteruan pasutri. 

Sikap toleransi ke-2 iris pihak 
Sungguh sangatlah tak logis bila tiap-tiap pihak menginginkan tingkah laku ideal permanen dari pasangannya dalam jalinan rumah tangga, lantaran menurut perilakunya, manusia terkadang salah dan benar. Suami atau istri terkadang lupa dan khilaf hingga sering mengulangi kekeliruan dan kesalahannya. Dia mungkin saja lakukan kekeliruan lantaran ketidaktahuan, dan mengulanginya tanpa ada diakuinya. Bila tiap-tiap pihak berkemauan untuk menghukum, menghakimi, atau membalas dendam untuk tiap-tiap kekeliruan yang dikerjakan pasangannya, jadi bermakna dia mengakibatkan kerusakan fondasi keselarasan rumah tangga. 

Berterus-terang 
Sikap selalu jelas, kejujuran, dan keberanian yaitu kunci kebahagiaan kehidupan rumah tangga yg tidak mungkin saja nihil dari kekeliruan. Dalam pengertian, bila Anda lakukan kekeliruan, jadi yang perlu Anda kerjakan yaitu bergegas mohon maaf, berani mengakuinya, dan berjanji akan tidak mengulanginya lagi di kemudian hari. Sikap itu sekalipun tak bermakna menistakan status dan harga diri Anda. Hal semacam itu malah mendorong pihak lain untuk menghormati, meyakini, dan memaafkan Anda. 

Kepedulian dan solidaritas 
Sisi fragmen terindah kehidupan rumah tangga yaitu kepedulian dan solidaritas yang dijalani suami atau istri dalam hadapi kesusahan dengan kesabaran dan perjuangan mengagumkan. Ketika istri berdiri di samping suaminya, jadi suami bakal merasa kuat dan penuh yakin diri, begitupun demikian sebaliknya. Saat istri atau suami rasakan bahwa pasangannya merasa kuat dan yakin diri, jadi dia bakal merasa jiwanya diliputi kedamaian dan ketenteraman. Segi ini sebenarnya adalah esensi pernikahan dan integrasi batin diantara ke-2 iris pihak.

Kearifan 
Kearifan keduanya –hingga pada kondisi yang paling suram— menolong menempatkan fondasi kukuh keselarasan. Mungkin saja, karena suatu kekeliruan, suami atau istri mempunyai kekuatan hebat untuk mencemoohkai pasangannya, cuma saja kearifan menghindarnya lakukan hal semacam itu. Kearifan memperkokoh semangat kesepahaman diantara keduanya. Atau salah satu pasutri mungkin saja merasa lebih memiliki hak dalam soal spesifik, tetapi sesudah memikirkan lagi perihal hal semacam itu, dia tak akan keukeuh menjaga gagasannya yang dapat menyebabkan friksi. 



Previous
Next Post »